Baru jadi presiden Trump sudah banyak berdusta, ini kebohongannya

ArenaDewa : Donald Trump baru saja dilantik menjadi presiden Amerika Serikat ke-45 Jumat lalu. Baru beberapa hari jadi presiden Trump sudah mengutarakan sejumlah kebohongan dalam beberapa kali pernyataannya di depan publik. Dikutip dari koran the Independent, Selasa (24/1), berikut di antaranya:

1. Soal hujan saat pelantikan

Klaim Trump usai pelantikan: “Kerumunan massa luar biasa hari ini. Saat melihat hujan, saya sudah selesai pidato, lalu masuk ke dalam, dan ketika keluar hujan baru turun,” kata Trump. “Saat adegan helikopter itu luar biasa, lalu setelah itu hujan–semacam Tuhan melihat ke bawah kepada kita.”

Faktanya: hujan sudah turun saat Trump baru memulai pidato pelantikan, seperti yang kemudian dia akui dalam pidato di markas CIA sehari sesudahnya.

2. Klaim soal jumlah kerumunan massa saat pelantikan

Klaim Trump: “Bahkan media saja bilang kumpulan massa sangat luar biasa. Kerumunan itu keliatannya sampai 1,5 juta orang. Mereka bahkan sampai ke Monumen Washington.”

Faktanya: Kerumunan massa tidak sebanyak itu. Dari foto saja terlihat, kumpulan massa jauh lebih sedikit dibanding saat Obama dilantik pada 2009 yang diperkirakan mencapai 1,8 juta orang.

3. Soal hujan yang berhenti

Klaim Trump: “Hujan pasti bikin mereka pergi. Tapi Tuhan kemudian menyaksikan dan bilang, ‘Kami tidak akan menurunkan hujan saat kau berpidato.’ Dalam kalimat pertama, saya merasa beberapa tetes hujan sudah jatuh. Lalu saya pikir, ‘Wah ini buruk. Tapi kita harus menyelesaikan ini. Lalu kemudian hujan segera berhenti. Menakjubkan. Setelah itu matahari bersinar cerah lalu saya pergi. Baru kemudian hujan turun lagi selepas saya pergi.”

Faktanya: Hujan tidak segera berhenti saat Trump berpidato. Bahkan mantan Presiden George W Bush memakai jas hujan ponco. Matahari masih tertutup awan ketika Trump rampung berpidato.

Salam Admin ArenaDewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *