Kalah praperadilan, Bupati Buton diciduk KPK di Soekarno-Hatta

ArenaDewaBupati nonaktif Buton Samsu Umar Abdul Samiun diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini. Samsu diamankan karena berulang kali mangkir dari pemeriksaan usai dirinya ditetapkan sebagai tersangka atas pemberian suap terhadap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar.

Samsu pun kalah di sidang praperadilan setelah hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak gugatan atas status tersangka. Akhirnya, KPK memutuskan untuk menjemput paksa Samsu. Namun saat penyidik menyambangi kediamannya Samsu tak ada di rumah. Penyidik yang mencari informasi akhirnya mengamankan Samsu di Bandara Soekarno-Hatta.

Pantauan merdeka.com, Samsu datang naik mobil penyidik dan tiba di KPK tiba pukul 19.00 WIB. S Tak ada sepatah kata dari Samsu saat tiba di KPK.

Seperti diketahui, Samsu mangkir tiga kali pemanggilan KPK yakni, 23 Desember, 4 Januari, 13 Januari, dan 27 Januari. “Yang bersangkutan sudah kami tetapkan sebagai tersangka,” ujar Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, Rabu (19/10).

Samsu juga telah mengakui perbuatannya itu saat dirinya menjadi saksi di persidangan Akil, Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta. Samsu mengaku pernah memberi uang Rp 1 miliar kepada Akil melalui CV Ratu Samagat, yang diketahui perusahaan milik istri Akil, pada tahun 2012.

Pemberian uang tersebut sebagai bentuk suap atas sengketa Pilkada Buton yang bergulir di MK. Atas penetapan tersangka terhadap Bupati Buton, menambah panjang daftar kasus panas yang ditangani Akil selama masih menjabat sebagai ketua MK.

Salah satunya saat Akil terbukti menerima suap dari Mantan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah, lantaran memenangkan gugatan Ratu atas sengketa Pilkada Lebak Banten. Selain Ratu, KPK juga menetapkan Tubagus Chaeri Wardhana yang tidak lain merupakan adik kandung Ratu Atut, sebagai tersangka.

Atas perbuatannya ini Samsu diganjar Pasal 6 Ayat 1 huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.

Salam Adm: in ArenaDewa 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *