Lelah diperiksa 5 jam, Munarman minta pemeriksaan dilanjut besok – ArenaDewa.com

ArenaDewa.comJuru bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman selesai diperiksa penyidik Polda Bali terkait kasus fitnah terhadap pecalang. Dia diperiksa selama lima jam hari ini yang akhirnya didampingi pengacaranya, dan pemeriksaan terhadap dirinya akan dilanjutkan Rabu (14/2) pukul 10.00 WITA.

Penyidik juga menyampaikan terkait pemeriksaan lanjutan kepada salah satu pengacara Munarman, Rizal Ramly yang kantornya beralamat di Kuta, Bali.

Munarman yang mengenakan jaket kulit warna hitam itu, turun dari lantai dua ruang Direskrimsus Polda Bali sekitar pukul 22.35 WITA, Selasa (13/2) di Denpasar.

“Maaf ya tidak bisa komentar dulu. Besok saja ya, besok masih datang lagi,” singkat Zulfikar Ramly kuasa hukum Munarman saat menuruni tangga.

Sementara itu, Dir Reskrim Polda Bali Kombes Pol Kenedy juga tidak begitu banyak bicara terkait proses pemeriksaan selama lebih dari 5 jam di ruangannya terkait kasus dugaan Fitnah terhadap pecalang yang dilontarkan oleh Munarman.

“Hanya ada sedikit perbedaan berupa pengembangan dari pertanyaan sebelumnya. Mengenai pertanyaan saya tidak bisa jelaskan di sini karena pemeriksaan kali sudah masuk ke materi perkara yang sebenarnya,” ujarnya.

Kenedy juga belum bisa melakukan penahanan terhadap Munarman. “Sudahlah besok saja. Pokoknya besok,” singkatnya.

“Pastinya dia kelelahan dan minta agar pemeriksaan dilanjutkan besok. Oke kawan-kawan besok saja saya lanjutkan dan jelaskan,” ucapnya sambil berlalu memasuki mobil pribadinya di depan lobby. [ded]

Walau diguyur hujan deras, Gunung Sahari kini aman dari banjir – ArenaBerita.com

ArenaBerita.comDua hari kemarin Jakarta diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengklaim program penanggulangan banjir yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta cukup berhasil membebaskan sejumlah kawasan dari banjir.

Merdeka.com melakukan penelusuran ke sejumlah daerah yang kerap tergenang kala hujan melanda Jakarta, semisal kawasan Gunung Sahari. Sejak dulu, tiap hujan deras, Jalan Gunung Sahari Raya menjadi salah satu titik banjir parah di Jakarta Pusat.

Salah seorang warga bernama Muhammad Nali (56) mengatakan sejak 2016 hingga Februari 2017, kawasan Gunung Sahari tidak lagi tergenang air. Biasanya, setiap hujan deras anak kali Ciliwung yang berada dekat Jalan Gunung Sahari selalu meluap dan menggenangi jalan hingga ketinggian 50 centimeter.

Kondisi Jalan Gunung Sahari dan anak kali Ciliwung usai dibangun turap 2017 ArenaDewa.com/Wajik Bastian.“Depan jalan berapa hari enggak banjir. Gunung Sahari depan Ramayana banjir. Gunung Sahari dari 2016 enggak banjir, jalanan enggak,” kata Nali saat ditemui di lokasi, Minggu (12/2).

Tidak jarang, tingginya genangan membuat kendaraan mogok dan tidak berani melintas di jalan tersebut. Nali menjelaskan, kawasan Gunung Sahari tidak lagi tergenang sejak Pemprov DKI melakukan normalisasi kali dengan mengeruk dan membangun dinding turap di anak kali Ciliwung pada 2015.

Kondisi Jalan Gunung Sahari dan anak kali Ciliwung usai dibangun turap 2017 ArenaDewa.com/Wajik Bastian.“Mobil mogok kalau masuk. Dikeruk, dinding turap dibangun 2015. 2016 enggak banjir,” terangnya.

Kendati demikian, kata dia, warga yang tinggal di sekitar Jalan Gunung Sahari tengah menunggu hasil program penanggulangan banjir Pemprov DKI Jakarta untuk beberapa hari ke depan. Sebab, menurutnya, beberapa hari ini hujan tidak terlalu deras.

“Memang sih musim jalan tapi belum deres banget. Banjirnya belum tahu. Kebetulan abis dikeruk,” tandas Nali. [ded]

Sembilan Hari Jelang Pencoblosan, Anies Silaturahmi ke Kantor Muhammadiyah DKI-ArenaBerita.com

Sembilan Hari Jelang Pencoblosan, Anies Silaturahmi ke Kantor Muhammadiyah DKI-ArenaBerita.com

Laporan Wartawan ArenaBerita,

ArenaBerita.com – Sembilan hari menjelang pemungutan suara Pilkada DKI 2017, Calon Gubernur Jakarta Anies Baswedan bersilaturahmi ke kantor pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI di jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Senin (6/2/2017).

Tiba di Kantor tersebut Anies langsung disambut ketua PWM Sun’an Miskan dan sekretaris jenderal PWM, Nuswantoro. Mereka kemudian melakukan pertemuan tertutup sebelum memberikan keterangan kepada wartawan.

Usai menggelar pertemuan Anies mengatakan jika kedatangannya merupakan bagian dari silaturahmi.

Bagi Anies, Muhammidayah merupakan keluarganya. Dalam pertemuan tersebut Anies mengaku banyak menerima masukan dan nasehat mengenai permasalahan yang ada di Jakarta.

“Tadi kita silaturahmi, dan saya banyak menerima masukan dan nasehat mengenai permasalahan yang ada dan bagaimana langkah-langkah untuk menyelesaikannya,” kata Anies.

Sementara itu ketua PWM Sun’an Miskan mengatakan pertemuan dengan Anies merupakan rencana lama yang baru terealisasi.

Senada dengan Anies, Sunan mengatakan jika Anies dan Sandiga Uno merupakan bagian dari keluarga Muhammadiyah.

‎”Pak Anies merupakan keluarga Muhammadiyah, Pak Sandi orang dalam Muhammadiyah. Beliau itu anggota Badan Universitas Muhammadiyah Jakarta,” katanya.

Menurut Sunan dalam pertemuannya dengan Anies, pihaknya saling bertukar pikiran soal permasalahan di Jakarta. Dan ternyata antara PWM Muhammadiyah dengan pasangan Anies-sandi memiliki kesamaan pandangan.

“Yaitu menjadikan Jakarta sebagai ibukota yang penduduk dan pemimpin berakhlak mulia dan bersahabat dan berkemajuan, itu persamaan buat kami akrab berdialog. Kami betul merasa bahagia punya calon gubernur yang visi sama dengan kita,” katanya.

‎Meskipun demikian, Sekjen PWM, Nuswantoro mengatakan dengan pertemuan tersebut bukan berarti lembaganya mendukung pasangan Anies-Sandi dalam Pilkada DKI.

Berdasarkan aturan, PWM tidak boleh secara resmi menyatakan dukungan atau menolak dukungan terhadap pasangan calon dalam Pilkada.

“‎Tapi warga kami sudah cerdas, dan secara pribadi ada kader Muhammadiyah sudah jadi relawan mas Anies dan bang Sandi,” pungkasnya.

Marbot masjid dan rohaniwan bakal gratis naik Transjakarta-ArenaBerita.com

ArenaBerita.comDirektur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan sebelum cuti Gubernur Petahana Basuki Tjahaja Purnama telah menginstruksikan perusahaan transportasi pemerintah provinsi DKI Jakarta itu untuk menyediakan tiket gratis bagi marbot (pengurus masjid). Program ini rencananya diperluas juga bagi rohaniwan.

Menindaklanjuti hal tersebut maka Transjakarta saat ini sedang mendata marbot. “Saat ini sedang dalam tahap penyusunan untuk layanan gratis bagi marbot,” ujar Budi di Jakarta, Senin (6/2).

Penyediaan tiket gratis bagi Marbot masih mengalami hambatan karena datanya belum lengkap. Ia menambahkan tiket gratis bagi Marbot merupakan bentuk perhatian dan fasilitas pemerintah provinsi DKI Jakarta.

“Marbot merupakan pribadi yang berjasa, dan penuh pengabdian pelayanan,” tegasnya.

Budi mengharapkan keinginan mulia dengan menyediakan tiket gratis bagi Marbot bisa dirilis sesegera mungkin. Untuk menyediakan tiket gratis bagi Marbot, pihak Transjakarta sudah melakukan komunikasi dan dukungan dari SKPD pemerintah provinsi DKI khususnya Biro Perekonomian DKI Jakarta.

“Kami bangga dan senang bisa dilibatkan dalam program pemprov khususnya yang diberikan untuk mengapresiasi pengabdian Marbot,” katanya. [eko]

 Salam Agent ArenaDewa :

Disebut pakai ilmu hitam, canda Ahok ‘gue tiup nih kok gak melayang’ – ArenaBerita.com

ArenaBerita.com – Syamsu Hilal Chaniago, salah satu pelapor kasus dugaan penodaan agama, merasakan nuansa mistis ketika menjalani sidang kasus penistaan agama. Tersangka kasus tersebut, Basuki Tjahaja Purnama, tertawa terbahak-bahak saat dituding menggunakan ilmu hitam.

“Hebat dong. Gue tiup loh, ilmu hitam gue tinggi nih. Tapi kok enggak melayang ya,” kelakar Ahok, sapaan Basuki, di kawasan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (3/2).

Dia justru balik curiga ada pihak yang menyerangnya dengan ilmu hitam. Namun karena tidak mempan sehingga ada informasi atau berita yang menyatakan bahwa dirinya pengguna ilmu hitam.

Ahok mengungkapkan, kasus serupa juga pernah terjadi kala dirinya maju sebagai calon gubernur Bangka Belitung. Ada salah seorang pesaingnya yang mencoba menyerangnya menggunakan ilmu hitam, sayangnya cara tersebut sia-sia.

“Dulu ada lawan gue waktu calon Gubernur Bangka Belitung, dia dah keliling orang pakai ilmu hitam hantam gue, gak mempan, makanya dia bilang ilmu gue tinggi. Padahal ilmu gue cuma pasrah sama Tuhan,” tutup Ahok.

Sebelumnya, Syamsu Hilal Chaniago, merasakan nuansa mistis ketika menjalani sidang sebagai saksi di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

“Ada yang aneh dalam persidangan, ada indikasi tim kuasa hukum Ahok menggunakan magic. Kita perhatikan ada satu orang yang selalu duduk di belakang saksi, selalu itu. Dan ada dua orang lagi kakek-kakek dan nenek-nenek,” ujar Syamsu ketika menghadiri acara diskusi bertajuk Akankah Ahok dipenjara di gedung Pusat Dakwah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (2/2).

Syamsu juga mengungkapkan kejanggalan lain yang dirasakannya saat berada di ruang persidangan. Menurut pengamatannya, jaksa penuntut umum selalu mengantuk.

“Yang kemarin di sidang Ahok jaksa pada ngantuk, “kata dia.

Itu sebabnya, Syamsu sampai mendatangkan seorang ahli ruqyah bernama Ustaz Sahal untuk menangkal keanehan itu.

“Nah indikasinya kelihatan kemarin ada perubahan, ustaz Sahal mengatakan ada tiga orang, itu indikasinya,” kata Syamsu.

Syamsu mendatangkan ahli ruqyah agar jangan sampai hal-hal mistis mempengaruhi sikap jaksa dan hakim. [lia]

Salam Agent ArenaDewa :

Topik berita Terkait:
  1. Ahok Djarot
  2. Pilgub DKI
  3. Jakarta

Angka bunuh diri tinggi, Gunungkidul butuh dokter spesialis kejiwaan – ArenaBerita.com

ArenaBerita.comAngka bunuh diri di Gunungkidul menjadi yang tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selama Januari 2017 saja, tercatat ada sekitar 6 orang tewas karena bunuh diri dengan cara gantung diri. Gangguan psikologis atau kejiwaan ditengarai menjadi penyebab terbanyak terjadinya kasus bunuh diri di Gunungkidul.

Menanggapi hal ini, Bupati Gunungkidul, Badingah mengatakan, pihaknya telah membentuk satuan tugas (satgas) berani hidup. Satgas ini berkomitmen dan diberi tugas untuk menekan angka bunuh diri.

“Kita akan terus mengoptimalkan dan meningkatkan komitmen satgas berani hidup. Meskipun demikian, andil masyarakat juga diperlukan. Salah satunya adalah dengan memantau lingkungan sekitar, apakah ada potensi bunuh diri di wilayahnya. Cirinya adalah adanya orang depresi di sekitarnya,” kata Bandingah, Selasa (1/2).

Jika mengetahui ada warga sekitar yang depresi, segera untuk membawanya ke puskesmas terdekat. Dokter di Puskesmas sudah mendapatkan pelatihan untuk penanganan kejiwaan.

“Sebenarnya Pemkab masih kekurangan dokter spesialis kejiwaan di Gunungkidul. Saat ini baru ada satu dokter spesialis kejiwaan di Gunungkidul. Dokter itu ditugaskan di RSUD Gunungkidul,” jelas Badingah.

Badingah menambahkan, Pemkab Gunungkidul berharap ada dokter spesialis kejiwaan yang mau ditempatkan di wilayah Gunungkidul dan sekitarnya. Harapannya, kata Badingah, semakin banyak dokter spesialis kejiwaan yang bekerja di Gunungkidul sehingga bisa melayani lebih banyak lagi warga dan mampu menekan angka bunuh diri.

Adapun kasus bunuh diri tahun 2016 sebanyak 30 orang tewas, dan 3 orang percobaan. Angka kasus bunuh diri di Gunungkidul rata-rata 25 orang pertahun.

Untuk data tertinggi kasus bunuh diri ada di 2012, yakni mencapai angka 39 orang. Kemudian jumlah tersebut turun pada 2013 menjadi 29 kasus. Tahun berikutnya, yaitu 2014 kembali turun menjadi 19 kasus dan tahun 2015 turun menjadi 28 kasus bunuh diri, dan 3 orang percobaan.

Ditinggal salat, kaca mobil dipecah dan perhiasan digondol maling – ArenaBerita.com

ArenaBerita.comTindak kejahatan dengan modus pemecahan kaca mobil, terjadi di Jalan Solo-Wonogiri, Songgorungi, Desa Kepuh, Nguter, Sukoharjo. Sebuah mobil sedan warna oranye metalik yang diparkir di pinggir jalan dipecah kacanya. Pelaku yang masih dalam pengejaran berhasil menggasak uang jutaan rupiah dan sejumlah perhiasan.

Kasat Reskrim Polres Sukoharjo, AKP Dwi Haryadi menjelaskan, saat kejadian, korban bernama Rahmat Setiawan (55) warga Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri memang sedang meninggalkan mobilnya di pinggir jalan. Ia sedang melaksanakan salat sebelum melanjutkan perjalanan ke Wonogiri. Namun tanpa disangka, kaca mobil bagian kiri sudah dalam keadaan pecah ketika dirinya usai salat.

“Korban sengaja memarkir mobilnya di pinggir Jalan Raya Solo-Wonogiri sebelah barat halaman parkir Masjid Arrahmah, Dukuh Songgorungi, kemarin siang. Saat ini petugas kami masih melakukan penyelidikan kasus ini,” ujarnya, Rabu (1/2).

Dwi mengatakan, usai menerima laporan korban, Polsek Nguter langsung melakukan olah TKP. Polisi juga membawa mobil korban untuk memudahkan proses penyelidikan serta untuk melakukan pengambilan sidik jari pelaku.

Kepada petugas, lanjut Dwi, korban mengaku kehilangan uang tunai Rp 3,5 juta dan sejumlah perhiasan.

“Kami belum bisa menyampaikan identitas pelaku. Data-data lain masih terus kami kumpulkan,” tandasnya.

Baca juga:
Polisi tembak mati 2 pencuri sarang walet antar provinsi, 3 buron
Modus baru pelaku curanmor, putus kabel aki agar alarm tak bunyi
Dikepung, pencuri sarang walet di Kaltim melawan petugas
Uang untuk komputer SMK Garut digondol maling, kaca mobil dipecah
Curi 3 anak ayam, HR warga Bungo Jambi dipenjara
Usai beraksi, 3 spesialis curanmor di Jawa Barat diringkus polisi

 

Salam Admin ArenaDewa ;

Nasabah KSP Pandawa geruduk rumah Nuryanto, sempat ada ketegangan – ArenaBerita.com

ArenaBerita.comLantaran uang belum juga dikembalikan, nasabah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa menggeruduk rumah Nuryanto di Perumahan Palem Ganda Asri, Limo, Depok. Nuryanto merupakan pendiri Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa.

Para nasabah itu ingin bertemu dengan pendiri KSP Pandawa dan meminta uang dikembalikan. Sejak pagi hingga menjelang malam, para nasabah terus berdatangan.

Sempat terjadi ketegangan antara para nasabah dengan pengelola rumah yang dikontrak Salman Nuryanto. Pasalnya para nasabah diminta untuk meninggalkan rumah itu oleh pengelola.

Nasabah bersikukuh tinggal karena menunggu Nuryanto. Beruntung polisi cepat menanggulangi ketegangan itu. Situasi pun kembali kondusif.

Kemudian petugas meminta pihak pengelola rumah untuk memberikan penjelasan secara detail soal status rumah mewah yang pernah ditempati Nuryanto bersama keluarganya itu. Penjelasan tersebut dilakukan agar para nasabah tidak terus berdatangan ke rumah itu.

Pihak pengelola mengakui jika rumah itu sempat dikontrak Nuryanto sejak tiga tahun lalu. Namun mereka tak mengetahui aktifitas Nuryanto di rumah itu.

“Dia (Nuryanto) sudah ngontrak rumah ini dari tiga tahun lalu. Kebetulan kontraknya habis tanggal 2 Februari ini, makanya kami perlu menegaskan di sini bahwa rumah ini bukan milik Pak Nuryanto,” kata Samino, selaku pengelola, Rabu (1/2).

Lebih lanjut Samino menjelaskan, Nuryanto mengontrak rumah berlantai dua ini dengan harga Rp 40 juta per tahun. Di Perumahan Palem Ganda Asri sendiri, ada 44 rumah yang dikontrak para pengelola Pandawa Group.

“Selama ini pembayarannya tidak pernah bermasalah, termasuk Pak Nuryanto. Kalau yang lain belum habis masa kontraknya, jadi kami tidak mendatanginya,” ungkapnya.

Kapolsek Limo Kompol Imran Gultom yang datang ke lokasi mengatakan, kehadiran aparat kepolisian hanya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Mengingat semakin banyaknya para nasabah yang terus berdatangan.

Imran juga menegaskan, aparat kepolisian tidak akan bertindak sebagai negosiator.

“Jika ada yang merasa dirugikan, silakan melapor ke kantor polisi,” katanya.

Baca juga:
Kantor KSP Pandawa sepi, pengurus tempel pengumuman
Tak beroperasi lagi, kantor KSP Pandawa di Depok digaris polisi
OJK: Masih ada saja pendidikan S3 ikut investasi bodong
Sepanjang 2016, OJK menerima 801 laporan investasi bodong
Nasabah geruduk rumah pendiri KSP Pandawa minta dana dikembalikan
Baru satu nasabah melapor jadi korban penipuan Pandawa Grup
Pasutri ini sampai utang bank demi investasi di Pandawa

Didatangi Luhut, Kapolda, Pangdam, KH Maruf Amin ajak umat jaga DKI-Arenaberita.com

Arenaberita.comMenteri Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Tedy Laksmana, dan sejumlah perwira penengah Polri menyambangi kediaman Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin, di Jalan Deli Lorong 27 Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (1/2) malam.

KH Maruf Amin mengatakan, dalam pertemuan itu Kapolda dan Pangdam melaporkan kondisi terkini Jakarta. Menurut Maruf ketinya melaporkan kondisi saat ini baik-baik saja.

“Beliau mengunjungi saya, silaturahmi. Saya merasa syukur, bahagia. Beliau tentu melaporkan keadaan, menyampaikan informasi baik-baik saja. Alhamdulillah, dan keadaan memang tidak boleh dirusak. Dijaga, keutuhan negara dan bangsa,” kata KH Maruf Amin.

Sementara itu, kata dia, Luhut mengajak menjaga kondisi ibu kota dan nasional agar kondusif. “Pak Luhut ya juga silalaturahim juga dan beliau tentu mengajak kita sama-sama menjaga situasi ibu kota khususnya dan nasional,” jelasnya.

Dia membantah kunjungan mereka terkait apa yang terjadi di sidang Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) Selasa kemarin. Dalam persidangan itu, Ahok menuding Maruf Amin diminta SBY mengeluarkan fatwa penistaan agama. Ahok bahkan sempat mengancam akan mempolisikan Maruf Amin karena dinilai telah memberikan keterangan palsu.

“Enggak ada (kaitan dengan sidang Ahok). Jangan dikait-kaitkan. Ini biasa saja. Silaturahim saja. Saya ditengok, saya kan orangtua. Jadi ditengokin oleh beliau-beliau ini,” katanya.

Dia meminta agar umat Islam tenang dan tak terprovokasi. Dia meminta agar umat Islam menjaga keadaan bangsa dan negara supaya kondusif.

“Semuanya jangan membuat hal-hal yang bisa merusak suasana dan keadaan,” katanya.

Senada, Irjen Pol M Iriawan mengatakan pertemuan tersebut adalah bentuk silaturahmi. Dia berdalih menyampaikan soal banyaknya investor yang menanamkan investasinya.

“Kami barusan tadi menyampaikan bahwa banyak investor masuk menanamkan investasinya. Berarti tertarik sekali kalau investor menanamkan investasinya di Jakarta secara khusus, dan Indonesia umumnya. Kemudian saya sampaikan situasi ibu kota. Pak Pangdam sekalian,” katanya.

Apa pertemuan ini terkait pernyataan Ahok? “Tak ada. Tadi kan Pak Kiai bicara tidak ada,” jawabnya.

Salam Admin ArenaDewa :

 

KPU bangun puluhan Rumah Pintar Pemilu sebagai pendidikan politik

ArenaDewa : Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuat program Rumah Pintar Pemilu (RPP) guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu dan pendidikan politik. Tahun 2016, KPU telah membangun rumah demokrasi tersebut di 9 provinsi dan sekitar 60 kabupaten dan kota. Untuk tahun ini, akan dibangun lebih banyak lagi rumah demokrasi yang sama.

“RPP ini kita bangun sebagai pusat informasi dan data pemilu. Sejak pertama kali dibangun hingga sekarang sudah bisa dimanfaatkan oleh semua pihak. Tahun 2017 Sukoharjo melaunching terlebih dahulu,” ujar Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro usai meresmikan Rumah Demokrasi di Sukoharjo, Selasa (24/1).

Juri mengakui, pembangunan RPP tidak bisa mengkover semua daerah. Ia menyarankan, bagi KPU di daerah yang mendapat dukungan anggaran bisa juga membangun dan mengembangkannya sendiri sebagai sarana belajar dan pusat data pemilu.

“Dengan pembangunan RPP ini kami berharap bisa digunakan menjadi tempat diskusi maupun studi tentang berdemokrasi dalam penyelenggaraan pemilu. Tujuan akhirnya tentu mampu meningkatkan jumah partisipasi pemilih, terutama dari kalangan pemilih pemula yang saat ini belum begitu tertarik tentang berdemokrasi yang baik,” jelasnya.

Rumah Pintar Pemilu ini, lanjut dia, bisa digunakan untuk kegiatan apa saja berkaitan dengan pemilu dan oleh siapa saja. Termasuk konsultan politik dalam mencari data.

Rumah Demokrasi yang dibangun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo diresmikan oleh Ketua KPU RI. Pusat kegiatan pendidikan dan sosialisasi tentang demokrasi dan politik ini dilengkapi perpustakaan dan dokumentasi proses pemilu sejak tahun 1955. Di ruangan perpustakaan tersebut terdapat banyak buku bacaan politik yang bisa dibaca oleh masyrakat dan pelajar yang ingin mengetahui proses berdemokrasi maupun pelajaran politik.

“Rumah demokrasi ini juga sebagai pusat diskusi dan simulasi pemilu. Ada juga ruang audio visual. Saat ini belum semua data dan dokumen pelaksanaan pemilu ada, kedepan akan diupayakan untuk dilengkapi,” tandasnya.

Salam Admin ArenaDewa