Siswa se-Jawa Timur Taklukkan Software Akuntansi MYOB dan Banking Operation

0
203

Ketertarikan siswa SMA/SMK/MA sederajat untuk berkompetisi menginspirasi sekelompok mahasiswa Diploma 3 Kampus Bisnis dan Perbankan. Mereka yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Diploma 3 (HMD) STIE Perbanas Surabaya menggelar kompetisi bertajuk Diploma Perbanas Competition (DPC) pada Sabtu, (19/1).

Bertempat di Kampus 2 Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut, Surabaya, kompetisi ini dibagi menjadi dua macam, yakni Lomba MYOB (software Akuntansi) dan Banking Operation Competition (BOC).  Sedikitnya 80 tim siswa dari berbagai sekolah di Jawa Timur tampak antusias mengikuti lomba dari pagi hingga sore hari.

Sekretaris Program Diploma 3, Rohmad Fuad Armansyah, S.E., M.Si., mengatakan acara ini rutin diselenggarakan setiap tahun. Selain pengenalan dunia kampus, kompetisi ini juga dimanfaatkan untuk menjaring dan menggali kompetensi siswa, khususnya bidang Akuntansi dan Perbankan. “Lomba ini merupakan wadah bagi STIE Perbanas Surabaya serta himpunan mahasiswa Diploma untuk berbagi pengalaman sekaligus mengenalkan kampus.  Bahkan, juga dijadikan media sharing keilmuan untuk siswa siswi SMA/SMK/MA,” paparnya.

Usai pembukaan, peserta lomba langsung menuju lokasi lomba yang sudah disiapkan. Untuk lomba Akuntansi MYOB, peserta lomba harus menyelesaikan soal berkaitan dengan studi kasus dan penerapan ilmu Akuntansi dengan menggunakan software MYOB. Begitu pula peserta lomba BOC, mereka mengerjakan soal tentang perbankan. Bedanya, peserta lomba BOC harus melewati babak Case Problem of Banking dan Role Play serta Grooming untuk meraih juara.

Sampai di babak akhir kompetisi, segenap peserta pun menunggu pengumuman pemenang, baik kategori lomba Akuntansi MYOB dan Banking Operation. Untuk para pemenang Lomba Akuntansi MYOB, Juara I diraih oleh SMK Negeri Mojoagung Jombang, Juara II diraih oleh SMK Negeri Pogalan, dan Juara III diraih oleh SMK Negeri 1 Gresik. Sedangkan Lomba Banking Operation, Juara I disandang oleh SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang, Juara II diterima SMK Negeri 1 Jombang, dan Juara III diraih oleh SMK Negeri 1 Bojonegoro.

Khoirun Nisak, siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang peraih Juara I Banking Operation Competition,  mengaku perolehan ini seperti sebuah keajaiban. Dirinya pun mendapat kesan tersendiri dan ada hal-hal menarik selama proses lomba berlangsung.

”Persiapan saya sangat singkat berkat informasi dari guru melalui WhatsApp. Kemudian, saya langsung berangkan dan belajar semalam sebelum lomba. Dan, Alhamdulillah bisa mengerjakan semua dan semua itu berkat doa orang tua, guru, dan teman teman lainnya,” kesannya.

Di samping kegiatan lomba, segenap guru pendamping yang hadir diberikan fasilitas untuk mengikuti seminar tentang Visualisasi Laporan Keuangan dalam bentuk Ms. Excel. Semua data keuangan dapat diolah dengan program tersebut hingga akhirnya bisa ditampilkan dalam bentuk dashboard. Perlu diketahui, semua kegiatan yang terselenggara ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-49 STIE Perbanas Surabaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here