Dorong Penanganan Bencana Kemen PPPA dengan Ramah Perempuan dan Anak

0
65

Jakarta (22/1), Pemerintahan berupaya melakukan penguatan penanggulangan bencana di Indonesia. 

Uoaya tersebut diantaranya untuk mempercepat penerbutan Peraturan Presiden  tentang Sistem Nasional Peringatan Dini Multi Ancaman Bencana yang di bahas dalam Rapat koordinasi Tingkat Menteri tentang Perkembangan Penyelenggaraan Penanganan Bencana di Indonesia. 

Rakor yang dihadiri 25 wakil Kementrian/Lembaga di kantor Kemenko PMK, Jakarta pada 22 Januari 2019.

Kemen PPPA ikut mengupayakan menangani bencana mulai dari tanggap darurat hingga proses rehabilitas yang responsif terhadap gender dan hak anak. 

Pribudiarta Nur Sitepu sebagai sekertaris Kemen PPPA mengungkapkan bahwa kemen PPPA mengupayakan agar model dan ledoman yang telah dibuat sebagai hasil kerjasama dengan UNFPA dibawah koordinasi Sub Klaster Deputi Perlindungan Hak Perempuan dapat diintergrasikan kedalam Perpres Sinsas Perdimana yang tersusun.

Perlu adanya sinergi dan koordinasi terarah antaral K/L terkait penanganan maupun mitigasi bencana yang akhir akhir ini sering terjadi di Indonesia, karena Inonesia merupakan wilayah ring of fire.  

Menko PMK Puan Maharani

Sesuai SOP tanggap darurat,  sinergitas K/L, TNI – Polri,  Basarnas dan lainnya bahwa setiap ada bencana kita tidak boleh berjalan sendiri – sendiri hal yang di ungkapan Menko PMK Puan Maharani saar memimpin rakor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here