Pakde Karwo Mengusulkan Perkuat Supply Chain dan Supply Side

0
84

Surabaya (23/1),Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo mengusulkan penguatan supply chai untuk mengendalikan inflansi.

Dengan diperkuatnya dua hal tersebut,  maka antara kebutuhan dan ketersediaan barang bisa stabil. 

Pakde Karwo menyampaikan bahwa pemerintah harus ikut menyiapkan apa saja yanh di butuhkan masyarakat termasuk ketersediaannya pasar, jangan sampai ketika masyarakat sudah memproduksi,  tetapi tidak ada yang beli.

Pada acara High Level Meeting tim pengendali inflansi daerah Provinsi Jawa Timur di hotel JW marriot surabaya,  Pakde Karwo menjelaskan penguatan stik suplai juga harus disertai dengan pemantauan intensif di pasar panutan inflansi. 

Selain itu,  pasokan mitra pedagang di pasar rakyat gerai pangan harus dioptimalkan.  

Dalam rangka mengendalikan inflasi Pemprov Jatim juga menerapkan aplikasi berbasis teknologi informasi untuk memantau harga barang kebutuhan pokok. 

Melalui Sistem Informasi Ketersediaan Barang Pokok (SISKAPERBAPO) dan Sistem Informasi Perdagangan Antar Provinsi (SIPAP) dua aplikasi ini, perkembangan harga dan stok barang dapat di pantau secara online. 

Gubernur Jawa Timur Ir. H. Soekarwo

Pakde Karwo juga meminta adanya otoritas yang jelas terkait komponen yang menyebabkan inflasi di Jatim. 

Kepala perwakilan Bank Indonesia wilayah IV Jatim Difi Ahmad Johansyah mengatakan, nilai inflasi di Jatim selalu lebih  rendah di bawah nasional. 

Pada tahun 2018 inflasi sebesar 2,86 sedangkan nasional 3,3 karena itulah provinsi Jatim kerap kali menjadi rujukan bagi provinsi lain. 

Difi menjelaskan selama 5 tahun kedepan banyak yang harus disiapkan untuk mengendalikan inflasi di Jatim. 

Diantaranya yakni peningkatan nilai tambah di petani,  integrasi hulu hilir dalan supply chain, serta penggunaan finance technology di sektor pertanian. 

Akan dilakukannya profiling pada petani maupu. Gabungan kelompok tani agar bisa dikenal oleh perbankan kedepannya. 

Profiling pada petani penting dilakukan karena lembaga keuangan butub profiling untuk memberikan bantuan pembiayaan pada petani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here