Faktor utama penyebab terjadinya Kekerasan Pada Perempuan dalam Rumah Tangga (KDRT),  menurut survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional tahun 2016 ada 4 penyebab yaitu faktor individu, pasangan,  sosial,  budaya,  dan ekonomi. 

Yohana Yembise menteri Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA),  menegaskan “bahwa perempuan masih belum aman bahkan dibranah privat atau rumah tangga”.  

Yohana sebagai pembicara utama dalam forum interaktif yang diadakan @america di pusat kebudayaan Amerika Serikat pada 23 Januari 2019.

Yohana Yambise Menteri PPPA

Yohana menyampaikan perempuan sering mendapat kekerasan yang beragam, seperti kekerasan fisik, psikis,  seksual, hingga penelantaran. 

Seiring meningkatnya angka perceraian di Indonesia saat ini mengakibatkan menikatnya juga kasus penelantaran.

Yohana pun mengajak perempuan indonesia untuk bangkit dan mendukung kesetaraan gender, ” perempuan juga harus maju dan bangkit menunjukan powernya”.

Melalui tema Women’s Economic Empowerment: The Intersection With Domestic Violence, Ladies International Program Indonesia bersama @america mengajak masyarakat lebih menelaah posisi pemberdayaan ekonomi bagi perempuan agar tidak menjadi penyebab KDRT. 

Dengan hal tersebut ekonomi keluarga stabil dan meminimalisasi konflik antar pasangan, serta tidak lupa mengedepankan kesetaraan dalam rumah tangga agar angka KDRT dapat di hapuskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here