Ketapang, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia bersama Anggota Komisi II DPR – RI Firmansyah Mardones menggelar sosialisasi Pancasila pada hari Minggu 31 Maret 2019  di Hotel Aston City.

Karena adanya perkembangan teknologi yang semakin menjauhkan kehidupan manusia dari norma norma sosial, menjadikan kehidupan Rakyat Indonesia jauh dari nilai nilai dasar Negara.

Sosialisasi ini di hadiri 200 peserta yang berasal dari Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Organisasi Kemasyarakatan, dan komunitas yang berasal dari Ketapang, Kalimantan Barat.

Anggota Komisi II DPR RI Ir. Firman Mardonoes, MM menjelaskan nilai nilai mutiara pancasila pada kearifan lokal masyarakat Ketapang, Sementara Imam HasiholanbSerait sebagai Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP RI memaparkan tentang nilai nilai Pancasila dan semangat gotong royong.

Imam Hasiholan Sirait mengungkapkan ” Pancasila merupakan konsensus bersama, visi para pendiri bangsa dan upaya menghadirkan kemaslahatan dan kebahagiaan bersama bagi suatu masyarakat yang majemuk”.

Kurikulum pendidikan Pancasila akan terus di dorong dan upayakan dalam beberapa tahun kedepan untuk masuk lagi sebagai bahan ajar, karena masyarakat mulai melupakan budaya dan adat istiadat daerah asalnya yang mengutamakan etika dan sopan santu serta kearifan lokal adat istiadat sebagai identitas yang harus kita rawat dan jaga agar pengaruh budaya asing tidak merusak moral anak bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here