6 Amalan Sunah Saat Idul Adha, Sederhana Tapi Ganjaran Berlipat!

1 bulan yang lalu 1

Selain Idul Fitri, Idul Adha merupakan hari raya bagi umat Muslim. Perayaan Hari Raya Idul Adha diperingati oleh umat Islam di setiap tahunnya pada tanggal 10 Dzulhijjah. Ada beberapa amalan sunah saat Idul Adha yang pengerjaannya sangat sederhana tapi berbalas pahala.

DI Indonesia sendiri, Idul Adha juga sering disebut dengan Idul Kurban atau lebaran haji. Hal tersebut karena pada hari tersebut, terdapat suatu kegiatan yang dilaksanakan yaitu kegiatan kurban, dan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah.

Sebagai ibadah yang dilaksanakan dalam satu tahun sekali, maka dalam perayaan Idul Adha ini, terdapat amalan-amalan sunnah yang diistimewakan agar mendapat pahala dari Allah SWT.

Seperti diketahui bahwa pemerintah telah menetapkan perayaan Hari Raya Idul Adha ini pada tanggal 10 Juli 2022. 

Baca Juga: Jokowi Kembali Sumbangkan Sapi Kurban untuk Seluruh Provinsi di Indonesia

Menjelang hari raya, umat moslem biasanya melaksanakan ibadah puasa sunnah yang disebut dengan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Selain puasa Arafah, ada juga amalan-amalan sunnah lain di Hari Raya Idul Adha. Apa saja? Simak informasi amalan sunah saat Idul Adha berikut ini.

1. Mengumandangkan Takbir

Amalan sunnah pada Idul Adha yang pertama adalah mengumandangkan takbir. Umat moslem dianjurkan untuk mengumandangkan takbir di masjid-masjid, mushola, dan rumah-rumah pada malam hari raya.

Takbir sendiri dikumandangkan dari terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhotbah pada hari raya Idul Adha, sampai hari terakhir pada tanggal 13 Dzulhijjah pada hari tasyrik. 

Baca Juga: MPU Aceh: Idul Adha Perpedoman pada Penetapan Pemerintah

Hal tersebut karena pada malam-malam tersebut, umat moslem dianjurkan untuk mengagungkan, memuliakan, dan menghidupkan perayaan Idul Adha.

Sumber:

Disclaimer: Semua artikel dan gambar berasal dari sumber resmi yang telah kami cantumkan pada bagian akhir artikel. Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email [email protected]