Cina Sebut Sering Komunikasi dengan Presiden Jokowi dan Luhut soal Kereta Cepat

3 hari yang lalu 5
Sabtu, 6 Agustus 2022 08:59 WIB
Pekerja menyelesaikan pengerjaan proyek tunnel dua Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa 21 Juni 2022. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan proyek tunnel dua Kereta Cepat Jakarta-Bandung itu telah sukses ditembus yang menandakan 13 terowongan KCJB kini telah tersambung. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

TEMPO.CO, Jakarta - Perwakilan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) Cina, Pan Jiang, mengatakan pihaknya sering berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal perkembangan proyek kereta sigap Jakarta-Bandung (KCJB). Ditambah lagi orang nomor satu Indonesia itu juga melawat ke Cina bulan lalu.

“Bulan lampau Bapak Jokowi baru melawat ke Cina, dan menjadi pemimpin negara pertama yang datang ke Cina setelah pandemi Covid-19. Ini mencerminkan kerja sama yang baik. Dia juga berkali-kali meninjau pembangunan KCJB,” ujar dia dalam konferensi pers virtual pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Menurut dia, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping juga berjanji untuk mendorong penyelenggaraan proyek infrastruktur kereta cepat. Dan KCJB merupakan suatu proyek yang simbolis dalam pelaksaan kerja sama subtantif dan menjadi yang pertama bagi Cina untuk mengespor teknologi dan pelaksaan engineering. 

“Bagi Presiden Xi Jinping proyek KCJB sangat krusial dan memberikan arahan yang krusial untuk proses pembangunan,” tutur Pan Jiang.

Selain itu, Pimpinan NDRC, Pan Jiang berujar, juga berkali-kali berdiskusi dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk membicarakan kesulitan dalam pelaksaan proyek KCJB. Pan Jiang percaya di bawah dukungan dua negara proyek dapat melangkah dengan baik.

“Kita niscaya dapat mengatasi kesulitan, dan 91 persen pembangunan jalan sudah selesai, serta 13 terowongan sudah selesai dibuat,” kata Pan Jiang.

Pada Jumat, 5 Agustus 2022, pengiriman perdana rangkaian kereta sigap (EMU) dan kereta pemeriksaan (CIT) mulai dilakukan dari Cina ke Indonesia.  Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan pengiriman perdana yang menandai sejarah antara kedua negara. 

“Karena ini ialah pertama kalinya pengiriman EMU kereta api sigap dari Tiongkok ke luar negeri,” ujar dia.

Dwiyana mengatakan proyek kereta sigap Jakarta-Bandung (KCJB) hadir sebagai bentuk konkret dari kerja sama strategis antara Indonesia dan Cina. Proyek ini, kata dia, merupakan bagian dari program strategis nasional di bidang infrastruktur yang diamanatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Presiden Xi Jinping untuk membangun konektivitas masa depan yang andal nyaman dan modern.

Saat ini, Dwiyana melanjutkan, progres investasi dari proyek KCJB sudah mencapai 85 persen. Namun, tetap menyisakan beberapa pekerjaan, penyelesaian tunnel dua, kemudian pre loading, track laying, dan tentunya juga penyelesaian stasiun.

Menurut dia, sebagai pionir dari kereta sigap khususnya di Asia Tenggara, kehadiran KCJB ini akan sangat ditunggu-tunggu oleh masyrakat Indonesia. Selain itu diharapkan dapat membikin konektivitas antara Jakarta-Bandung semakin cepat.

“Pilihan masyarakat juga akan semakin banyak, khususnya untuk moda transportasi yang ramah lingkungan, seperti kereta api sigap ini,” kata Dwiyana.






14 jam lalu

Bantah Indonesia Dikontrol Cina, Luhut Pandjaitan: yang Ngomong Ngerti Angka Nggak?

Klaim itu Luhut Pandjaitan sampaikan karena trade deficit antara Indonesia dengan Cina lanjut menurun setiap tahun.


17 jam lalu

Nancy Pelosi Tegaskan Tak Mau Jadwal Perjalanannya Diatur Cina

Nancy Pelosi membela diri saat kunjungan kerjanya ke Taiwan telah membikin marah Cina.


20 jam lalu

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dikirim Hari Ini, PT KCIC: Hadiah 17 Agustus

KCIC menyatakan pengiriman perdana rangkaian kereta sigap dan kereta pemeriksaan mulai dikirimkan dari Cina ke Indonesia ialah hadiah untuk Indonesia.


20 jam lalu

Cina Sebut Kereta Cepat Didesain Khusus, Anti Gempa hingga Disesuaikan dengan Iklim Indonesia

Salah satu rekan pembangunan kereta sigap Jakarta-Bandung (KCJB), China Railway, memastikan kereta yang dibuat akan menyesuaikan dengan kondisi di Indonesia.


20 jam lalu

Ketegangan Cina - Taiwan, Kementerian Luar Negeri Pastikan 300 Ribu WNI Aman

Kementerian Luar Negeri lanjut mengawasi situasi di Taiwan, yang diselimuti ketegangan buntut kunjungan Nancy Pelosi.


20 jam lalu

Presiden Xi Jinping Minta Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Rampung Sesuai Rencana

Presiden Cina, Xi Jinping, meminta CRIC untuk menjamin proyek kereta sigap Jakarta Bandung (KCJB) dikerjakan secara lancar.


1 hari lalu

Biaya Kereta Cepat Membengkak, Politikus PKS: Jangan Terjebak Gelontorkan APBN

Politikus PKS Amin Ak mewanti-wanti agar APBN tak digunakan untuk menalangi pembengkakan biaya proyek kereta sigap Jakarta-Bandung.


3 hari lalu

Feng Shui: Rumah Tusuk Sate dan Penyebab Diyakini Membawa Sial

Berdasarkan konsep feng shui, rumah tusuk sate alias yang berlokasi di bawah jalan dinilai tak baik. Bagaimana detailnya?


3 hari lalu

Ekspor Timah dan Non Timah Bangka Belitung Capai USD 286,93, Naik 66 Persen

BPS Bangka Belitung mencatat nilai ekspor timah dan non-timah pada Juni 2022 mencapai 286,93 juta dolar AS.


4 hari lalu

Kunjungan Kerja Nancy Pelosi Tak Mampir ke Taiwan

Kantor DPR Amerika Serikat memastikan kunjungan kerja Nancy Pelosi tak akan mampir ke Taiwan.


Sumber:

Disclaimer: Semua artikel dan gambar berasal dari sumber resmi yang telah kami cantumkan pada bagian akhir artikel. Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email [email protected]