Google Ungkap Merek Kendaraan Listrik Paling Banyak Dicari di RI

1 bulan yang lalu 23

Jumlah pencarian tentang kendaraan listrik di Google loncat 300 persen pada 2021 dibanding 2020. Jumlah pencarian tentang kendaraan listrik di Google loncat 300 persen pada 2021 dibanding 2020. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Minat masyarakat terhadap kendaraan listrik di Indonesia semakin tinggi. Hal ini sejalan dengan meningkatnya pencarian soal merek terkait kendaraan listrik dalam penelusuran melalui mesin pencarian Google.

Google mencatat kenaikan 300 persen dalam pencarian kendaraan listrik untuk periode 2021 jika dibandingkan 2020.

Industri Analis Otomotif Google Indonesia Karlina Ayuningtyas menyampaikan berbagai macam kata kunci yang meningkat dalam pencarian informasi mengenai kendaraan listrik melalui Google.

"Seperti Wuling EV, Honda EV, Daihatsu EV, Suzuki EV, Hyundai EV, Mitsubishi EV, dan Toyota EV," kata Karlina dalam diskusi virtual, Selasa (9/8).

Menurut Karlina pencarian oleh pengguna Google mengenai mobil listrik saat ini juga naik 30 persen lebih tinggi dibandingkan kata kunci soal SUV dan hatchback pada periode Agustus 2022 dibanding Juli 2022.

"Dari sana juga naiknya itu 30 persen," ungkap dia.

Karlina mengatakan lewat mesin pencarian Google, 35 persen dari pengguna ingin mengetahui soal harga dari mobil listrik, sementara 29 persen di antaranya sedang menggali informasi harga mobil hybrid.

Lalu untuk periode yang sama yakni 2021 dibanding 2020, ada pertumbuhan 60 persen pencarian mengenai mobil listrik pada situs video Youtube, pertumbuhan 53 persen untuk mobil hybrid pada Google, dan 85 persen soal centrifugal listrik pada Youtube.

Karlina melanjutkan penggunaan Google dan Youtube Google oleh masyarakat ini terkait dengan juga awal pembelian produk otomotif masyarakat.

"Kami tentu dapat melihat bahwa orang Indonesia ingin tahu tentang kendaraan listrik (EV dan Hybrid), tetapi kita juga melihat keinginan yang lebih besar untuk membelinya," kata Karlina.

Menurut Karlina hal ini menjadi peluang bagi ara merek untuk merebut 'konsumen baru' untuk produk kendaraan listrik.

"Ini menunjukkan peluang besar bagi merek yang mencoba merebut generasi konsumen yang baru ini, yang 90 persen di antaranya mencari informasi tentang kendaraan listrik secara online," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Lina Agustina, GM Marketing Planning and New Business Toyota Astra Motor (TAM) menyadari soal kenaikan minat masyarakat terhadap mobil listrik. Menurutnya itu tercermin dari naiknya penjualan kendaraan listrik Toyota pada segmen hybrid di Indonesia.

"Tercermin dari angka penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota yang sekarang bisa dengan stabil mencapai lebih dari 1.000 portion per tahun. Dan kami sangat terbuka dengan kedatangan tren baru ini di industri otomotif," ucap Lina.

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]

Sumber:

Disclaimer: Semua artikel dan gambar berasal dari sumber resmi yang telah kami cantumkan pada bagian akhir artikel. Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email [email protected]