Komnas HAM akan Periksa Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi Layaknya Korban pada Minggu Ini

1 bulan yang lalu 21

Suara.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengagendakan pemeriksaaan terhadap Putri Candrawathi, istri mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo pada pekan ini.

Pemeriksaan terhadap Putri tersebut terkait dugaan pelecehan seksual hingga keterkaitannya dengan kasus penembakan Brigadir J.

"InsyaAllah dalam minggu ini kami akan bertemu," kata Ketua Komisioner Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik saat ditemui wartawan di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/8/2022).

Untuk melakukan pemeriksaan terhadap Putri, Komnas HAM menggandeng Komnas Perempuan. Langkah tersebut dilakukan supaya pemeriksaan yang dilakukan berperspektif perempuan.

Baca Juga: Siapa Tersangka Baru di Kasus Tewasnya Brigadir J? Jam 4 Sore Ini Kapolri yang Akan Langsung Mengumumkan

"Pengalaman mereka tentu lebih jauh dibanding kita semua. Dan itu ranah mereka, karena itu kami meminta Komnas Perempuan untuk membantu bukan saja Komnas HAM, tapi juga proses penyelidikan dan mencari atau mengungkap masalah ini sebaik-baiknya," kata Taufan kata Taufan.

Dengan melibatkan Komnas Perempuan dalam menyelidiki dugaan pelecehan seksual yang dialami Putri, kedua lembaga tersebut akan bekerja sesuai dengan mandat Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS). Mereka akan memposisikan istri Ferdy Sambo sebagai korban.

"Kami meminta semua masyarakat memahami terkait dugaan pelecehan seksual yang sebagaimana standar HAM yang diakui di internasional maupun yang sekarang sudah diakomodasi UU TPKS. Maka seseorang yg mengatakan dirinya atau pun yang sudah mengadukan dugaan kekerasan seksual ke lembaga hukum, tentu saja harus diasumsikan orang itu sebagai korban, dan diperlakukan sebagai mana layaknya seorang korban," jelas Taufan.

Sebelumnya diberitakan, dalam laporan awal kasus disebut Brigadir J diduga melakukan pelecehan seksual terhadap Putri. Hal itu diduga menjadi pemicu penembakan yang dilakukan Bharada E ke Brigadir J di Rumah Dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7/2022) lalu.

Putri sendiri muncul di hadapan publik saat akan menjenguk sang suami yang kini berada di Mako Brimob. Saat mengunjungi Mako Brimob di Kelapa Dua, Depok Jabar pada Minggu (7/8/2022), Putri diwawancara awak media.

Baca Juga: TNI dan Polri Akan Buru Pengunggah Video Viral Pernyataan Serda Ucok yang Akan Mencari Pembunuh Brigadir J

“Saya Putri, bersama anak-anak, saya mempercayai dan tulus mencintai suami saya,” ucap Putri di Kelapa Dua, Depok, Minggu (7/8/2022).

Sumber:

Disclaimer: Semua artikel dan gambar berasal dari sumber resmi yang telah kami cantumkan pada bagian akhir artikel. Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email [email protected]