Paspampres: Lokasi Pertemuan Jokowi-Zelensky 350 Km dari Titik Perang

1 minggu yang lalu 10

Lokasi pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv berjarak sekitar 350 km dari titik perang Rusia-Ukraina. Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo mengungkap jarak daerah perang Rusia-Ukraina dengan lokasi kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta, CNN Indonesia --

Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) Mayjen Tri Budi Utomo mengungkap jarak daerah perang Rusia-Ukraina dengan lokasi kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tri menyampaikan Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kyiv. Daerah itu berjarak sekitar 350 kilometer dari titik perang Rusia-Ukraina.


"Kurang lebih jaraknya sekitar paling dekat yang ledakan [di Donetsk] itu adalah 380 kilometer dari Kyiv. Itu yang sudah kita antisipasi. Sementara mereka (Rusia) masih melakukan serangan ya memang di seputaran Donetsk itu saja," kata Tri saat dihubungi, Kamis (23/6).

Tri merasa lokasi pertemuan Jokowi dengan Zelensky jauh dari lokasi perang. Dia menilai tempat itu cenderung aman.

Meski demikian, ia tak mengendurkan pengamanan untuk Jokowi. Paspampres menerjunkan 39 orang prajurit yang telah ditempa di sejumlah pasukan khusus TNI.

Mereka juga dilengkapi senjata laras panjang dan pasokan peluru. Para prajurit itu juga telah melakukan latihan sebelum perjalanan.

"Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, meng-escape beliau (Jokowi) itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya," ujarnya.

Jokowi akan menghadiri pertemuan G7 di Jerman akhir bulan ini. Setelah itu, ia akan pergi ke Polandia. Dari Polandia, ia akan naik kereta untuk mencapai Kyiv, Ukraina.

Jokowi hendak bertemu Presiden Ukraina Zelensky. Jokowi juga akan mampir ke Moskow untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Dua pertemuan itu dilakukan dalam upaya mendamaikan kedua negara.

(dhf/fra)

[Gambas:Video CNN]

Sumber:

Disclaimer: Semua artikel dan gambar berasal dari sumber resmi yang telah kami cantumkan pada bagian akhir artikel. Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email [email protected]