Rektor Unesa: Gedung Lab Doping Merupakan Kebutuhan Bangsa dan Mimpi Presiden

1 bulan yang lalu 12

Selasa, 05 Juli 2022 – 21:56 WIB

 Gedung Lab Doping Merupakan Kebutuhan Bangsa dan Mimpi Presiden - JPNN.com Jatim

Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Direktorat Jenderal Cipta Karya (DJCK), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) bersama Rektor Unesa meninjau Lab Doping yang pembangunannya baru saja rampung. Foto: Humas Unesa.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rektor Universitas Negeri Surabaya Prof. Dr. Nurhasan mengatakan Gedung Laboratorium Doping yang baru saja diserahkan pemerintah pusat akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Prof Nurhasan menuturkan bahwa laboratory tersebut merupakan kebutuhan Indonesia dan mimpi Presiden Joko Widodo.

“Saat itu, kami menerima penghargaan sebagai pembina olahraga nasional tahun 2020. Presiden mengingatkan kepada para pemerhati olahraga bahwa Indonesia belum memiliki Lab Doping," ujarnya, Selasa (5/7).

Nantinya, setelah dilengkapi berbagai fasilitas dan perlengkapan, laboratory tersebut bisa langsung digunakan secara bertahap untuk pembinaan atlet Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Unesa yang programme pembinaannya dimulai akhir Juli 2022.

Prof Nurhasan mengatakan pembangunan Lab Doping di Unesa itu mungkin akan menjadi satu-satunya yang ada di Indonesia.

Dia juga menceritakan beberapa waktu lalu, kampunya sempat berguru ke World Anti-Doping Agency (WADA) di Jepang. Saat itu, Gedung Lab Doping Unesa masih kosong belum ada peralatan sama sekali.

"Kemenpora RI menyanggupi untuk segera mengisi gedung ini dengan alat-alat tahun ini. Alat atau perlengkapannya sudah siap didatangkan sehingga secara bertahap bisa digunakan di Unesa,” kata Prof Nurhasan.

Dia juga menerangkan Lab Doping Unesa memiliki banyak manfaat, antara lain, untuk menyiapkan atlet-atlet Indonesia dalam rangka olimpiade tahun 2032.

Gedung Laboratorium Doping Unesa yang baru saja rampung bakal diisi berbagai peralatan guna menunjang atlet yang akan melakukan latihan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

Sumber:

Disclaimer: Semua artikel dan gambar berasal dari sumber resmi yang telah kami cantumkan pada bagian akhir artikel. Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email [email protected]