Tanggal-Tanggal Haram Puasa di Hari Tasyrik, Jangan Sampai Keliru!

1 bulan yang lalu 4

Suara.com - Dalam agama Islam, terdapat beberapa hari dimana umatnya dilarang dan diharamkan menjalankan puasa menjelang Idul Adha. Kapankah tanggal haram puasa datau yang juga disebut Hari Tasyrik itu?

Seperti diketahui, perayaan Hari Raya Idul Adha ditetapkan pada tanggal 10 Dzulhijjah tahun Hijriah. Terdapat beberapa amalan yang bisa dikerjakan oleh umat moslem menjelang perayaan Hari Idul Adha.

Berpuasa merupakan salah satu ibadah yang sangat baik dan akan mendapatkan pahala dari Allah, dan juga senantiasa diberikan ketenangan hidup.

Diketahui, umat moslem disunnahkan untuk melaksanakan puasa di tanggal 1 Dzulhijjah hingga 9 Dzulhijjah.

Baca Juga: Lupa Baca Saat Malam, Bolehkah Niat Puasa Arafah di Pagi Hari?

Namun, di bulan Dzulhijjah ini, terdapat juga hari yang diharamkan untuk menjalankan puasa.  Lalu, hari apa sajakah yang dilarang untuk menjalankan puasa bagi umat muslim? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Dalam Islam, terdapat dua waktu pasti yang diharamkan untuk menjalankan puasa, yaitu saat perayaan hari besar Idul Fitri dan Idul Adha.

Dalam agama Islam, terdapat juga hari tasyriq, yaitu hari ke 11, 12, dan 13 Dzulhijjah dalam perhitungan Hijriyah.

Hari tasyrik merupakan waktu haram untuk berpuasa bagi umat moslem yang terjadi di dalam bulan Dzulhijjah kelender Islam, tepatnya tiga hari setelah hari raya Idul Adha.

Hal tersebut disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Keberangkatan KM Binaiya, Tiket Kapal Bontang-Sulsel Ludes saat Idul Adha

“Hari-hari tasyrik adalah hari makan dan minum,” (HR. Muslim no.1141).

Sumber:

Disclaimer: Semua artikel dan gambar berasal dari sumber resmi yang telah kami cantumkan pada bagian akhir artikel. Jika anda keberatan silakan ajukan penghapusan artikel dengan menghubungi kami melalui email [email protected]